dr. Laurentius Panggabean, Sp.KJ

dr. Laurentius Panggabean, Sp.KJ

Dokter

Laurentius Panggabean meninggal dalam usia 57 tahun. Dia merupakan dokter spesialis kesehatan jiwa dan menjadi Dirut RSJ Dr. Soeharto Heerdjan, Jakarta sejak 12 September 2018. Sebelumnya, dr Laurentius pernah menjabat sebagai Dirut RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang Jawa Timur, dan Dirut RS Ketergantungan Obat Cibubur Jakarta.

Belum jelas kapan dan dari mana Laurentius tertular. Namun, dia mulai dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Cibubur, Jakarta Timur sejak 9 Maret 2020 dengan gejala awal demam tinggi, dan kemudian batuk-batuk. Dia kemudian meninggal dunia tiga hari kemudian.

Awalnya, keluarga diberitahu penyebab kematian bukan karena Covid-19, tapi karena infeksi paru-paru. Menjelang dikubur, keluarga mendapat telepon, bahwa alharhum terkena Covid-19. Namun demikian, kapan dan apa hasil tesnya tidak pernah diinformasikan kepada keluarga. Setelah dikuburkan, keluarga Laurentius menjalani tes usap dan hasilnya, istri dan dua anaknya dinyatakan positif Covid-19.

Berdasarkan gejala klinis dan kondisi keluarga, Ikatan Dokter Indonesia memasukkan almarhum sebagai dokter di Indonesia yang paling awal meninggal karena Covid-19 yang tercatat. (Sumber: https://metro.tempo.co/read/1329150/kisah-keluarga-dirut-rsj-soeharto-heerdjan-meninggal-sebab-corona)


Testimoni
Selamat jalan dokter Lauren. Terima kasih atas pengabdianmu kepada ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dan keluarganya dan masyarakat Indonesia. Rest In Peace.
(sumber: https://www.facebook.com/kpsi.pusat/posts/turut-berduka-cita-telah-meninggal-dunia-bapak-drlaurentius-panggabean-spkj-diru/10156613263777693/)
Pinda Hutajulu - Saturday, September 5, 2020
"Beliau seorang yg penyabar dan rendah hati, teman Semasa mengabdi di papua"
dr. Andri,SpKJ - Sunday, September 6, 2020
"Seorang dokter dan senior yang rendah hati. Beliau juga menulis buku untuk awam agar lebih memahami masalah gangguan jiwa khususnya bipolar. Semoga dr. Lauren mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan YME. Rest In Peace dok"
Dr. Henny, SpKJ - Sunday, September 6, 2020
"Bersama waktu PPDS.. Kerja sama waktu penyusunan beberapa pedoman di Kemkes dan beberapa kegiatan lainnya. Dr Lauren, serius namun juga humoris.RIP dok. Lauren..di sisiNya yg terbaik"
dr. David Santoso T ,SpKJ, MARS - Sunday, September 6, 2020
"Beliau dokter yang rendah hati, selalu tersenyum, jarang marah, bicara agak pelan, sdh kenal beliau sdh hampir 15 tahun, beristirahatlah dgn tenang bersama Bapa di Surga,Amin."
Sylvia Detri Elvira - Sunday, September 6, 2020
"Laurentius seorang yang tenang, banyak senyum, rendah hati, juga suka bercanda."
Herbet Sidabutar - Sunday, September 6, 2020
"Beliau orang yang sudah diatas tetapi masih menjejak bumi. Selamat jalan dok.. sampai bertemu ""
Ayesha Devina - Sunday, September 6, 2020
"Seorang pemimpin, senior, sejawat dan sekaligus terapis buat kami semua di RSJ Soeharto Heerdjan.."
dr. Handry Carlos Gunawan - Monday, September 7, 2020
"Beliau yang memberi dukungan penuh bagi saya untuk melanjutkan sekolah spesialis, membantu sampai saya mendapat beasiswa untuk pendidikan ppds. Terima kasih Pak atas jasa-jasamu, kita bersua hanya sebentar namun namamu kan selalu saya kenang."
Oktavia Anggrainy, And.Farm - Monday, September 7, 2020
"Beliau seseorang direktur utama yang disiplin dan teliti disisi lain beliau selalu mendukung perkembangan karier stafnya melalui pengembangan pendidikan. Terimakasih Pak semangat dan dukunganmu selalu terkenang"
Dharmawan A Purnama, Dr, SpKJ - Monday, September 7, 2020
"Beliau selalu mendukung pengembangan keilmuan psikiatri. Kami belajar bersama ke Kuala Lumpur Hospital, mengutus saya dan dr Salikur buat MOU dengan Sawa hospital Osaka Jepang. Cita citanya membuat RSJ kita dapat membuka fellow neuropsikiatri bekerja sama dengan Dr Chee Kok Yoon dari KL Hospital. Semoga kami dapat mewujudkan cita-cita besarnya. RIP seniorku dan sahabatku."
Tetty sirait - Monday, September 7, 2020
"Beliau adalah seorang direktur utama yg tegas dan sangat disiplin,selain itu beliau murah senyum,ramah,selalu menegur saat berpapasan dgn siapapunSelamat jalan Pak,,,,semoga ditempatkan diSebelah Kanan Allah Bapa disurga,,,,selamat bertemu'''''"
dr Dyah, SpKJ - Saturday, September 12, 2020
"Saya tidak mengenal beliau tetapi sebagai sesama psikiater kami pasti pernah berpapasan di seminar-seminar psikiatri Indonesia. Sebagai psikiater senior pasti beliau banyak sekali meninggalkan jejak yang berinteraksi langsung. Selamat jalan, Dok. Terima kasih memberikan kami yang muda-muda contoh akan pengabdianmu."
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi