dr. Bartholomeus Bayu Satrio

dr. Bartholomeus Bayu Satrio

Dokter

Dokter Bartholomeus Bayu Satrio Kukuh termasuk dokter yang meninggal di awal-awal pandemi melanda Indonesia, ketika rumah sakit dibanjiri pasien dan sistem deteksi dini kita terhadap Covid-19 tidak memadai.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana (Jakarta) ini sehari-hari bertugas di Klinik Central Medika, Karang Sambung, Bekasi. Dia mulai mengeluhkan demam tinggi pada 18 Maret 2020 saat tengah bertugas di klinik 24 jam itu.

Paginya, Bayu dibawa ke RS Citra Harapan Indah, Bekasi. Tim dokter yang melakukan serangkaian pemeriksaan darah dan foto (rontgen) paru-paru menunjukkan kondisi kurang baik, dan diduga Covid-19. Namun, karena tidak tersedianya fasilitas rawat inap pada saat itu, dokter menyarankan almarhum melakukan isolasi mandiri di rumah.

Bayu kemudian dibawa ke RSUD Bekasi. Namun, karena kondisinya memburuk, dia kemudian dibawa rumah sakit rujukan Covid-19. Pertama-tama dia dikirim ke RS Persahabatan, lalu RS Sulianti Saroso, dan kemudian ke RSPAD Gatot Soebroto. Akan tetapi, semua rumah sakit itu penuh. Dia kemudian dibawa ke Wisma Atlet, namun saat itu di sana tidak tesedia ventilator.

Akhirnya, dokter Bayu dibawa kembali ke RSUD Bekasi, namun jiwanya tidak terolong lagi. Bayu Satrio berpulang pada hari Kamis, 26 Maret 2020 di RSUD Bekasi dengan status orang dalam pemantauan (ODP) dengan meninggalkan seorang istri dan satu putra.

Sumber:
https://news.detik.com/berita/d-4956131/dokter-berstatus-odp-corona-meninggal-di-rsud-bekasi/2

Testimoni:
Sinyo Bisnis: Selamat jalan pejuang Kesehatan, terimakasih atas dedikasinya merawat penderita wabah COVID-19 (2020). Semoga diampuni segala kesalahannya dan diterima segala kebaikannya oleh Tuhan YME. Surga menanti. Aamiin.
@Zicoarifin: Selamat jalan Om Bayu. Terimakasih atas segala kesempatan yg om berikan kepada saya dan keluarga. Seperti mimpi saya. Baru tiga minggu lalu bertemu om, sekarang om sudah kembali ke rumah Bapa di surga. Semoga Om mendapatkan tempat yg indah. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan. God Bless You.
Muhammad yunus - Saturday, September 5, 2020
"Meskipun kita kenal satu sama lain tapi kota 1 darah kita seperjuangan yg pasti mereka semua adalah pejuang2 yg tdk kenal lelah hingga akhir hayatnya semoga semuanya mendapatkan tempat yg layak disisinya"
Dr J. Hudyono, MS., SpOk - Sunday, September 6, 2020
"Selamat jalan Sejawat dr Bayu, smoga Tuhan menerimamu dengan tangan terbuka dan berbahagialah dalam pelukanNya. Amin"
Ida Evelyn Sitorus, Istri Tercinta - Thursday, September 10, 2020
"Ayah... Dokter Bayu, kamu adalah pahlawan kemanusiaan. Aku dan Petra bangga sama ayah. Tenanglah di rumah Bapa di surga. Nanti kita berjumpa lagi. Sampai bertemu di surga kekal, ayah."
Ike suma wulandari - Thursday, September 10, 2020
"Selamat jalan mas kukuh...sosok kakak ipar yg hebat...Damai di surga.. Qta smua bangga atas perjuangan ayah..salam dari marcellinus, dek pan n heiro😇"
Dr Imelda Amanupunjo - Thursday, September 10, 2020
"Dr Bayu adalah sahabat kental adek sy ( Dr Marc) mereka sama2 kuliah dan menyelesaikan studi kedokteran di kondisi yg serba kekurangan. Dan Akhirnya dr Bayu dapat menyelesaikan profesi dokter dgn baik..Saat dr Bayu sakit sbg dokter yg terpapar pasein Covid 19 yg di periksa nya, dr Bayu memerlukan ICU utk bs bertahan, tp RS saat itu sdh penuh dan sistim penanganan Covid 19 belum berjalan baik..Tuhan menentukan jalan yg lain..Dr Bayu di panggil pulang kembali ke Surga ..selamat jalan Dokter dan Hamba Tuhan yg di urapi" Dr Bayu"..Pahlawan kemanusiaan yg akan selalu di kenang sepanjang masa"
Chalenar Isak M Sitorus - Thursday, September 10, 2020
"Lae Bayu, kami bangga kepadamu menjadi Seorang Pahlawan Kemanusian. Semoga kamu tenang bersamaNya. Sampai bertemu kelak. Seperti tertulis di pusaramu "Mati Adalah keberuntungan". Jelas itu yang kami lihat tentang kepergianmu."
Rahel Chelsea Nauli - Thursday, September 10, 2020
"Selamat jalan ya, Bapauda. Aku gak tahu sampai kapan akan selalu sedih ketika sadar Bapuda udah gak bisa kumpul sama kita lagi. Makasih untuk segala yang Uda lakukan untuk Rahel. Apalagi ketika Rahel sakit dari kecil sampai kuliah, Bapauda selalu perhatian sama Rahel.Tenang bersama Bapa di surga ya, Da. Nanti kita ketemu lagi di awan-awan dan hidup bahagia selamanya."
Maya Prisillia - Thursday, September 10, 2020
"Selamat Jalan Pak Bayu... Anda adalah dokter yg luar biasa... Sampai akhir hidup Anda, anda masih berjuang untuk selalu menjadi dokter yg terbaik.... Anda juga adalah suami dan ayah yg luar biasa .... Selamat jalan Pak Bayu... Sampai ketemu di surga nanti...."
Guntur jeffri, S.T - Sunday, September 27, 2020
"Saya memanggilnya dengan Kak Bayu... Mengenalnya baru sekitar 12 tahun yang lalu. Bukan waktu yang singkat juga bukan waktu yang lama... Dalam setiap percakapan dengannya yang keluar selalu menceritakan kasih Tuhan Yesus dan kasih buat sesama. Ketulusan hatinya tidak diragukan. Pengorbanan merupakan jalan yang dia ambil... Sampai jumpa kak Bayu, perjuanganmu telah selesai. Doakan kami yang akan terus melanjutkan apa yang sudah engkau perjuangkan. Peluk cium dan sayang dari kami di Ampana. Guntur, Lia, By and Oz. Buat Kak Ida and Petra, Jesus loves u."
BORIS SIAGIAN - Friday, October 2, 2020
"Trima kasih atas perjuangan abang,Semoga Tenang disisi NYAAbadi selalu"
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi