dr. Berkatnu Indrawan Janguk

dr. Berkatnu Indrawan Janguk

Dokter

Menjadi doker adalah impian dr. Berkatnu Indrawan Janguk sejak kecil, sebagaimana disampaikan kedua orang tuanya, Suriawan Pribandi dan Inriaty. Cita-cita itu akhirnya terwujud, namun dia meninggal di usia sangat muda, 28 tahun, sebagai salah satu dokter yang ada di garis depan melawan COVID-19.

Berkatnu diduga tertular dari salah satu pasien yang dirawatnya di RS Soewandhi Surabaya. Dia sempat dirawat selama tiga minggu sebelum akhirnya meninggal dunia pada 27 April 2020, di rumah sakit tempatnya bekerja selama ini. Dia dikuburkan dengan protokol COVID-19. Dua bulan kemudian, tepatnya pada 2 Juni, ayahnya menyusul sang putra.

Dokter muda ini dikenal teman-temannya sebagai sosok baik hati dan gemar menolong. "Ketika masa orientasi dan harus mengumpulkan beberapa barang, meski sudah malam dan dia sendiri belum mendapatkan semua barang, tetapi mau membantu teman. Dia sangat peduli pada masalah temannya," sebut dr Christo, salah satu di Fakultas Kedokteran Umum Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya.

"Sifatnya yang baik hati dan setia kawan membuat banyak orang menyayanginya." Ketika masih kuliah, Berkatnu Indrawan juga aktif di kegiatan keagamaan di kampusnya dan menjadi pembimbing bagi adik-adik angkatan.
dr Berkatnu Indrawan juga dikenal sebagai dokter yang sangat berdedikasi, seperti disampaikan sejawatnya, dr Angel SpEm. Berkatnu juga dikenal rela memberikan gajinya kepada pasien yang tidak mampu.

Namun, saat dia dinyatakan positif COVID-19 dan dirawat, keluarganya sempat mengalami penolakan dari warga sekitar. Bahkan, atas desakan warga, Ketua RT kemudian meminta keluarga Berkatnu pergi. Keluarga ini akhirnya dievakuasi dengan ambulan dan ditempatkan di Asrama BPSDM Provinsi Jawa Timur.

Bahkan, setelah Ibu Berkatnu dan saudaranya akhirnya dinyatakan negatif, mereka juga belum bisa kembali ke rumah sendiri. Mereka terpaksa harus menjalani isolasi mandiri di rumah kosong milik salah satu saudara mereka. Saudara dr Berkatnu Andika dan ibu Berkatnu Inriaty masih isolasi mandiri sampai tanggal 23 Juli.
Tante Yani - Thursday, September 3, 2020
"Sangat kehilangan anak yang selalu penuh perhatian, tempat konsultasi terbaik kalau ada masalah kesehatan, dan meskipun hanya via telpon/WA, dia selalu follow up dan memantau sampai sakit benar benar sembuh. Kakak Indra, adik adik selalu kangen... Sampai berjumpa kembali di Yerusalem BaruπŸ€—πŸ€—πŸ™"
Tante triana - Saturday, September 5, 2020
"Keponakan kami yang luarbiasa ini, adalah contoh yg baik utk anak -anak zaman sekarang, penuh dedikasi terhadap pelayanan di dalam Tuhan dan pekerjaannya, menjadi anak Tuhan yang selalu mencintai keluarganya, selalu memiliki spirit yang menyala dalam menghadapi kehidupan. Kamu akan selalu kami kenang sebagai anak yang memiliki iman yang teguh dalam pertandingan iman sampai garis akhir. Tenanglah kamu di Sana, pahlawan perang Allah yang luarbiasa πŸ₯°πŸ˜πŸ˜‡πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯"
Putri Fajarini Kalahiang - Saturday, September 5, 2020
"Kakak kami yang baik, suka bercanda dan perhatian. Tahun 2018 adalah tahun terakhir bertemu kakak di jogja saat mau ujian skripsi, sering bercerita tentang masa lalunya, dan sering memberi nasehat. Kakak luar biasa dipakai Tuhan. Kakak sudah tenang bersama Tuhan. Terima kasih banyak kak, untuk segalanya. Kami sayang kakak β€β€πŸ˜‡"
Tante Melly liem - Saturday, September 5, 2020
"Keponakan yang super keren selalu mebanggakan dlm berbagai hal...seolah faham betul bahwa hidup ini singkat setiap gerakan dan tindakan selalu di isi dengan hal positif baik akademik maupun non akademik.kehadiranmu sangat di kenang ,membuka mata hati kami mengikuti teladan dan budi baikmu... berharga dalam pandangan Allah dan manusia orang yang tidak menyimpang dari panggilan sorgawi... DutaNYA KRISTUS"
J - Saturday, September 5, 2020
"Hai indra.. sampai jumpa di surga... karna Tugasmu sudh selesai di sini..."
dr. Yudis Wira Pratama - Saturday, September 5, 2020
"Dokter indra ( panggilan untuk dr. Berkatnu ) sudah saya anggap sebagai adik kami dan keluarga besar kami di RS tempat kamj bekerja, beliau orangnya suka menolong. Kenangan yg tetap saya ingat sampai dengan saat ini adalah dia membantu saya dalam pengerjaan tugas Latsar Cpns saya dan akhirnya mendapat juara 2 terbaik dalam Angkatan Latsar saya,"Tugasmu sudah selesai ndra, tugasmu akan kami lanjutkan ndra...""Kami akui kamu yg terbaik ndra...""
Chris W - Saturday, September 5, 2020
"Teman, kakak dan mentor terbaik. Hidup nya penuh dengan pelayanan terhadap Tuhan. Rela berkorban terhadap teman2nya. Pada pasien2 yang tidak mampu sering di bayar biaya pengobatan tanpa pasien nya tau. Kak indra sudah mencapai garis akhir dan menyelesaikan pertandingan iman. See you again"
dr. Galih Nur Ismiyati - Saturday, September 5, 2020
"Sosok yang bertanggung jawab, pekerja keras, tidak mau merepotkan orang bahkan dia sangat rela membantu yang lain. Bahkan - ketika itu - dalam kondisi panas tinggi dia tetap memaksakan diri utk tetap bekerja, dan itu adalah hari terakhirnya bekerja dan terakhir aku bertemu dengannya."
dr. Angela Puspita, Sp.Em - Saturday, September 5, 2020
"Adik yang sangat baik, tulus... Lucu.. dia anak yang sangat lucu, suka menjadi badut untuk teman2nya agar bs ketawa.. setiap jaga selalu, selalu Dan selalu membawa roti Dan minuman dari indomaret.. selalu lucu saat Kita rembukan mau pesen makanan disaat tengah2 jaga ... Care.. selalu memikirkan teman2 yang saat Itu jaga bersama dia... Baik perawat ataupun temen sejawatnya..Fast learner dan tidak mengulangi kesalahan yg pernah terjadi.. Humble.. Saya sangat support dia untuk mengambil spesialis saat Itu.. karena almarhum sangat punya potensi.. Tuhan berkata lain, tuhan sayang dengan kamu dek.. kebaikanmu melekat dikami dek.. Kami kehilangan.. ya, kami kehilangan.. Kami selalu mendoakanmu dek Dan kami juga berusaha untuk menguatkan ibu dan adikmu.. Terimakasih sdh pernah menjadi salah satu bagian dari hidup kami.. We will always love you dek.."
Mas Abe - Saturday, September 5, 2020
"Indra, seorang pribadi yg luar biasa, yang mana kami anggap sudah sebagai saudara. Baik dalam relasi antar teman maupun didalam persekutuan yang selalu bisa untuk diandalkan. Angkat sound system bisa, angkat dan gulung tikar bisa, angkat kursi bisa, main musik pun bisa. Satu yang tidak bisa, menolak gorengan pisang kipas.Ndra.. kamu pergi bukan tanpa cerita, malah meninggalkan beribu tanya, kenapa harus Indra? Terimakasih sudah menjadi teman dan saudara yang baik, menjadi teladan bagi adik2, teman2, dan oranglain. Kami selalu mengasihimu."
dr. IQ - Saturday, September 5, 2020
"Hi...bro, Dulu waktu kuliah kita sempat bersenda gurau, berjabatbtangan dan bertukar gagasan... Selalu humoris terhadap teman2nya, selalu ingin membantu sesamanya... Semoga Amal Ibadahmu Berkah di Surga ya teman..."
dr Budiono Raharjo, M.Th, Sp.PK(K) - Saturday, September 5, 2020
"Selamat jalan adik kelas kami. Kami tidak akan melupakan jasamu untuk tim kemanusiaan"
dr Ayu C. Noviana MKKK - Saturday, September 5, 2020
"Selamat jalan Indra, saya akan mengenangmu selalu sebagai DM yang ramah, banyak canda, senang membimbingmu dulu, semoga Engkau istirahat dengan tenang ya"
BILLY D. M - Saturday, September 5, 2020
"Murid saya, dan jadi adik saya yg bertugas di IGD , penurut, santun...selamat jalan, Tuhan Yesus lebih sayang kamu....bye"
dr Ayly Soekanto., M.Kes - Saturday, September 5, 2020
"Trimksh sudah menjadi dokter yg baik dan suka menolong., dr Berkatnu sudah menyelesaikan pertandingan ini dan sekarang sudah dg Bapa di surga . Amin"
dr. Ashoka Sulistyasmara - Saturday, September 5, 2020
"Partner jaga saat bertugas yg menyenangkan, tidak pernah mengeluh, selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan hingga akhir, tidak pernah emosi bahkan marah, selalu menanggapi semua dengan senda gurau, membantu pekerjaan yg lain tanpa diminta. Kata populer yg selalu terucap dari almarhum yg masih terngiang "wadidaw".. Saat jaga malam terakhir dengannya, ditraktir sebotol minuman vit C, utk jaga kesehatan bersama katanya..Tapi ternyata dia berpulang lebih dulu.. we miss you, dr. Indra :)"
Albertus Dicky - Saturday, September 5, 2020
"Bukan hanya sekedar teman, bukan hanya sekedar saudara, bahkan dia adalah keluarga. Sosok Indra adalah sosok yang sederhana, selalu mengajarkan hidup dalam kesederhanaan dan selalu apa adanya dia. Melalui dia, aku belajar arti mendahulukan kebutuhan orang lain, melayani orang lain bahkan mengasihi orang yang tidak terlalu dia kenal. Dia hidup bukan hanya dalam teori tapi Indra hidup oleh kasih dan buah kasih kehidupannya sudah dirasakan oleh banyak orang. Biarlah apa yang dilakukan oleh dr.Indra boleh kita lanjutkan dengan terus berbagi kasih dengan orang di sekitar kita. See you again dr.Indra.. ^^"
dr. Angelina Darmanto - Saturday, September 5, 2020
"Haloo ndraa,, Teman kami yang sangat baik, ceria, selalu positif , dan selalu mengedepankan Tuhan dalam setiap aspek hidup nya. Dalam pekerjaan juga dia berikan yang terbaik dalam pelayanan untuk sesama,, Terima kasih telah mengajarkan banyak hal untuk kami,, bahagia bersama Tuhan di surga yaa☺️"
Putri Fajarina Kalawulan - Saturday, September 5, 2020
"Hai kak indra, kami disini tetap menyayangi kakak sampai kapanpun πŸ€— jarang bgt ketemu sama kakak sepupu yg satu ini karena kesibukan kakak di sby. yang benar2 bisa ketemu pas tahun 2018 kalo tidak salah semingguan aku nemenin kakak jalan2 di jogja walaupun rini ikt sebentar aja gara2 masih ngurus skripsinya. Banyak masukan yang kakak kasih ke aku dan rini mulai dari kehidupan kakak, teman2 kakak di sby, jangan lupa mengutamakan Tuhan, sampai kasih tau aku sama rini kalau cari kerja itu gk gampang karena aku baru aja lulus kuliah dan rini sudah dipenghujung perkuliahan. Terakhir kontakan pas aku sakit bulan maret 2020, kakak langsung chat aku buat nanya kabarku gimana, obat apaan yang aku minum, hasil tes darahku gmna sampai aku masuk rs pun kakak masih chat aku disitu aku merasa punya kakak soalnya aku anak pertama 😁 kak terima kasih ya kak, kakak baik bgt sama kita semua dan satu hal yang kakak ingatkan ke kita bahwa "Tuhan itu baik" πŸ˜‡"
Tante Inde - Saturday, September 5, 2020
"Maz 116: 15 . Berharga di mata Tuhan . Apa yg sudah dilakukan selama hidup nya ponakan kami ini penuh dengan kasih baik kepada orang tua keluarga dan adik adik nya kami sangat kehilangan Indra dalam keadaan apapun selalu mengatakan Tuhan itu baik. dan senantiasa mengandalkan Tuhan dalam segala hal. slamat jalan Indra sampai jumpa di yerusalem baru πŸ™"
Amanda - Saturday, September 5, 2020
"Hati saya hancur mendengar berita adik persekutuan kami, dr. Indra, dipanggil Tuhan begitu cepat. Tapi bagaimanapun juga, Tuhan lebih mengasihinya dan Indra sudah tidak menderita lagi. Kita akan selalu mengenang kebaikan dan kasih dr. Indra kepada teman-teman dan pasien yang dia layani. Kiranya Tuhan selalu menguatkan keluarga."
Dr. Gatot Sugiharto, SpPD - Saturday, September 5, 2020
"Walau tdk sgt mengenal anda... membaca testimoni2 TS lain..sy yakin anda adalah sosok dokter yg berdedikasi tinggi... bangga sbg guru/senior/sesama alumni... semoga perjuangan anda tdk akan sia2..Selamat jalan...."
Irma - Saturday, September 5, 2020
"Berbahagia di surga Dok, dan semoga ibunda dan keluarga serta sahabat yg ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. BKebaikan Dokter akan dikenang selaluπŸ™πŸ½"
dr. Listyorini Rarasingtyas - Sunday, September 6, 2020
"Indra..bukan hanya rekan kerja tapi juga sahabat,rekan pelayanan,bahkan seperti adik sendiri,pribadi yang ramah,menyenangkan,rendah hati,penuh belas kasih terhadap sesama,tdk pernah memikirkan diri sendiri,penuh semangat dan punya banyak visi besar,hidupmu sudah jadi inspirasi dan teladan untuk semua orang,semangatmu akan tetap hidup di hati kami yang mengenalmu,sampai bertemu lagi dalam kekekalan Ndra,you're such a beautiful soul,you'll forever be missed little brother"
Yudha - Sunday, September 6, 2020
"Aku nggak kenal kamu, begitupun sebaliknya, satu2nya hal yg kita relate yakni alumni kampus yg sama, bahkan kamu adik kelasku jauh. But i'm, no, we're as your seniors really proud of you, perjuanganmu nggak akan pernah sia2, requiescat in pace, bahagia dan damai di sana ya..."
Daniel Martin S - Sunday, September 6, 2020
"Teman, kakak dan seorang mentor yang terbaik. Orang yang tetap berpegang teguh pada pendirian meskipun itu sulit untuk di jalani. Selalu mengutamakan Tuhan dalam hidup. Terima kasih kak sudah menjadi teladan dan contoh bagi kami. Sampai bertemu di yerusalem baru kak."
dr. Maria - Monday, September 7, 2020
"Indra, terimakasih sudah hadir dan menjadi kawan, teman sejawat, dan saudara kami.. Terimakasih sudah menjadi sosok yang sangat baik, tulus, setia kawan, loyal, penuh semangat dan tidak pernah mengeluh.. Terimakasih atas pelayanan yang kamu berikan dengan sepenuh hati di sepanjang kehidupan kamu Indra.. Berbahagia bersama Tuhan di surga bro.. Terimakasih sudah menjadi pahlawan kehidupan dokter Indra.."
Rahma - Wednesday, September 9, 2020
"Beliau dokter jaga IGD yg sangat ramah, tidak pernah marah, bahkan kalau ada pasien tidak mampu dan tidak punya kartu berobat gratis, beliau tidak pernah ragu untuk membayarkan obat pasien tersebut. Begitu baik engkau, dr Indra. Sewaktu awal2 sakit pun, tetap ramah, tidak mendengar sedikitpun keluhan. Selamat jalan, dokter. Kebaikanmu akan terus dikenang."
Inriaty Karawaheni - Tuesday, September 22, 2020
"Hari ini mamah masih memperingati hari lahirmu nak, 22 September 1992, walau kau sudah damai bersama Bapa di Sorga. Mamah tidak pernah melupakannya. Rindu mamah selalu datang saat-saat waktu biasa kamu nelpon mamah. Selalu menanyakan kesehatan kami dan nanyakan kerjaan mamah dan papah juga. Terngiang ucapanmu, "Owalah gitu toh mah"... Itu semua tinggal kenangan dalam kehidupan mamah. Mamah sayang kakak Indra, tapi Tuhan lebih sayang, Selalu kau ucapkan setiap kita ngobrol bertemu atau lewat telpon TUHAN ITU BAIK. Terimakasih, sayang. Kau telah tunjukkan baktimu, sayang dan cintamu pada kami orang tua, saudara dan keluargamu. Kau memberikan teladan hidup bagi kami. Kami memperingati hari lahirmu, anakku. Hari ini 22 September 2020, walau kau sudah tiada. Rindu mamah selalu untukmu."
Junior - Friday, October 2, 2020
"Senior yang tulus dan suka membantu sesama tanpa mengharap imbalan atau memikirkan kerugian dirinya. Terima kasih kak, semoga teladan imanmu bisa kami teruskan. Sampai bertemu lagi ..."
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi