Prof. Dr. dr. Nasrin Kodim, MPH

Prof. Dr. dr. Nasrin Kodim, MPH

Dokter

Prof Nasrin Kodim adalah seorang Guru Besar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Fokus keahlian beliau meliputi bidang keilmuan Metode Epidemiologi Deskriptif, Metode Epidemiologi Analitik, Epidemiologi Penyakit Tidak Menular, Surveilans Epidemiologi, Studi Ekologi, Aplikasi Epidemiologi pada Kebijakan, dan Epidemiologi Sosial. Selain menjadi aktif mengajar, almarhum juga menjabat sebagai Ketua Pusat Riset Epidemiologi dan Surveillance di FKMUI, menjadi Pimpinan Redaksi Jurnal Ilmiah dan Pengurus Perkumpulan Epidemiologi Indonesia.

Lahir di Martapura pada 29 Desember 1948, Prof Nasrin Kodim sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, School of Public Health and Tropical Medicine di Universitas Tulane, New Orleans, Amerika Serikat, dan Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Selama masa berkarir, almarhum selalu memegang teguh prinsip keilmuannya yaitu integritas (amanah), berpikir cerdas dan positif (fatonah) serta konsisten (istiqomah). Karya ilmiah yang ditelah ditulisnya antara lain Knowledge and compliance with the use of insecticide-treated nets in Manalu Sangihe regency of North Sulawesi, Indonesia (2020), Effectiveness of health education in reducing Plasmodium vivax malaria recurrence in Sentani, Papua (2020), A cross-sectional study: Risk factors analysis against hypertension in Indonesia (2020), Meta-analysis study on the association of smoking with ectopic pregnancy risk (2019), Hyperglycemic and hypertension are major components of metabolic syndrome that caused circulatory morbidity in hajj pilgrims (2019) dan puluhan publikasi lainnya.

Meninggalkan seorang istri dan empat orang putra, almarhum berpulang ke Rahmatullah pada hari Jum’at, 3 April 2020 setelah dirawat di RS Cipto Mangunkusumo dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 .

Testimoni:

Dra Amelia Lusia, M.Si, Kepala Biro Human dan KIP Universitas Indonesia: Kami kehilangan salah seorang Guru Besar, Prof Nasrin Kodim. Semoga beliau beristirahat di tempat terbaik di sisi-Nya.
Irma N Ciptadi - Saturday, September 5, 2020
"Ini adalah Paman / om Nasrin kami yg Sangat Baik Ramah dg keponakan n kel kalau Beliau memberi Nasehat Sangat Santun dan Lembut sehingga mengena di Hati selamat beristirahat Pamanda Prof Nasrin MPH DRHusnul Khotimah di sisi ALLAH SWT ALFATEHAH Aamiiin ...7x YRA"
Yayuk Hartriyanti - Saturday, September 5, 2020
"Prof. Nasrin Kodim adalah dosen saya. Dosen yang sangat baik dalam meberikan kuliah. Cara memberikan kuliah yg mudah dipahami. Kami sangat kehilangan dosen senior, salah satu epidemiolog terbaik di FKM UI.. Semoga Allah menempatkan Almarhum Prof Nasrin di tempat terbaik di sisiNya. Al Fatihah.."
dr Parti Aliyanti SpM - Sunday, September 6, 2020
"Prof Nasrin adalah guru saya di awal karier sbg GP baru lulus di.Puskesmas RawaBening OKU....beliau tegas jujur dan dedikasi tinggiSemoga alm husnul khatimah...aamiinSelamat Jalan PROF NASRIN KODIM πŸ™πŸ™πŸ™"
dr. Ajeng Probowati, Sp.A - Sunday, September 6, 2020
"Beliau adalah dokter keluarga kami. Sejak bayi sampai kami berkeluarga. Beliau dan keluarga adalah pribadi yang baik. Semoga kelak beliau Husnul khotimah, amiiin"
Rizqi Amelia - Sunday, September 6, 2020
"Masya Allah, prof Nasrin. Sempat diajar beliau waktu kuliahSemoga menjadi amal jariyah terbaik prof.Terimakasih prof"
Dr.dr.Brian Sri Pahastuti, MPH-Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden - Sunday, September 6, 2020
"Teringat ketika Prof Nasrin memberi nasehat: ' Brian kamu sekolah S3 itu seperti sedang Naik Bis..jangan menyerah tapi juga jangan lengah..segeralah sampai di halte tujuan..nanti akan banyak bis yang menghampiri dan kamu tinggal pilih mau naik yang mana, tapi kalau kelamaan, sebagian jurusan bisa jadi sudah meninggalkanmu'. Susah sih memahaminya. tapi berhasil memicu saya selesai S3 dalam 7 semester. Prof Nasrin yang baik dan bijaksana. Beliau mendampingi saya menyelesaikan Proyek REACH di Kabupaten TTS-NTT yang juga sebagai proyek Disertasi. Kami bersama studi banding ke Uganda melihat penerapan Community Case Management untuk malaria. Selamat Jalan dalam kedamaian, Prof. Semoga Husnul Khotimah."
Dr Intan Juliana Ompusunggu MEpid - Saturday, September 12, 2020
"Selamat jalan. Prof Nasrin. TERIMA KASIH atas semua jasa dan kebaikan Prof selama mendidik saya di FKMUI. Semoga Allah membalas semua jasa Prof dan menempatkan Prof di syurganya yang terindah. Semua didikan Prof menjadi amal jariyah terbaik yang akan dikenang sepanjang masa."
Sulistyoning Rahayu - Tuesday, December 29, 2020
"Selamat jalan Prof...Trm ksh atas semua ilmu yg Prof berikan kpd kami,smg beliau mendapat tempat terbaik di sisiNYA,aamiin"
Selamat Riyadi - Wednesday, December 30, 2020
"Semoga segala amal ibadah alm. diterima Allah SWT, menjadi syuhada. Beliau pernah mengajar kami di FKM Univ. Muhammadiyah Jakarta kala itu. Terima kasih amal jariyah ilmunya Prof. Nasrin Kodim."
dr.Nasruddin Noor, SpKJ - Thursday, December 31, 2020
"Prof Nasrin adalah teman seangkatan di FKUI, pendidikan dasarnya hanya Madrasah di Martapura OKU, tiap acara keagamaan Alm yg melantunkan ayat suci. Selamat Jalan Sobat, Semoga tenang di alam Barzach, Amien"
dr.Nasruddin Noor, SpKJ - Thursday, December 31, 2020
"Prof Nasrin adalah teman seangkatan di FKUI, pendidikan dasarnya hanya Madrasah di Martapura OKU, tiap acara keagamaan Alm yg melantunkan ayat suci. Selamat Jalan Sobat, Semoga tenang di alam Barzach, Amien"
Dr. Mirna Nurasri Praptini, Sp.PD, M.Epid - Wednesday, December 30, 2020
"Prof Nasrin adalah guru saya di FKM UI. Beliau mengajari kami Epidemiologi Penyakit Tidak Menular dengan pengajaran yang jelas, sabar, dan menarik sehingga murid2nya mendengarkan dengan baik, didukung suara Prof yang jelas, lembut, namun tegas. Masih terngiang di telinga saya suara dan intonasi Prof Nasrin saat mengajar. Prof adalah guru yang saya idolakan cara mengajarnya karena mendukung murid jadi ingin belajar karena tertarik dengan apa yang diajarkan, juga karena Prof sangat sabar dalam menerangkan sampai murid2nya mengerti apa yang diajarkan. Yang paling saya kenang adalah saat kami membuat tugas kelompok dalam bentuk tulisan yang setelah saya pikir2 hasilnya tidak terlalu baik, namun Prof bisa memberi masukan dalam bahasa yang membangun dan tidak membuat muridnya malu, cukuplah malunya dalam hati sehingga muridnya ingin menjadi lebih baik. Begitulah guru yang baik menurut saya. Saya sangat menghormati dan mengidolakan Prof Nasrin dan Prof Bambang yang juga berpulang karena Covid, suatu kehilangan besar bagi UI dan Indonesia yang kehilangan dua profesor public health-nya."
Dr. Eni Gustina,MPH. - Thursday, January 14, 2021
"Prof Nasrin Kodim seorang inspiratory, guru dan lanjutan. Beliau memberikan contoh teladan dalam kehidupannya yang sederhana, terus belajar dan tidak segan menolong setiap orang. Selamat jalan, semua contoh dan pembelajaran yang telah engkau berikan menjadi amalan yang tak pernah terlupakan"
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi