dr. Elianna Widiastuti

dr. Elianna Widiastuti

Dokter

Dokter Elianna Widiastuti bertugas sebagai dokter dan Ketua Tim Gugus COVID-19 di Puskemas Halmahera, Semarang, Jawa Tengah. Sang kakak, dr. Sang Aji Widi Aneswara juga merupakan dokter yang merawat pasien COVID-19 di Rumah Sakit Roemani Semarang dan juga pernah bertugas di rumah dinas Wali Kota Semarang yang menjadi lokasi karantina pasien COVID-19.

Ellianna dan Sang Aji adalah kakak beradik yang berperan besar dalam menyelamatkan jiwa penduduk Semarang yang beresiko terinfeksi virus COVID-19. Namun peran yang mulia tersebut tidak dapat dilakoni kembali oleh dr. Sang Ajiyang terpapar COVID-19 dan dirawat pada 1 Juli 2020 dan meninggal pada Senin 6 Juli 20201.

dr Elianna pun sebelumnya sudah terinfeksi virus COVID-19 saat mengikuti proses pemakaman ayahnya, H Soewardi, yang meninggal pada 28 Juni 2020.Sebenarnya, pada awal bulan Mei, almarhumah dr. Elianna mendapatkan hasil rapid test reaktif.Beliau sudah merasakan kurang enak badan, tidak nafsu makan, dan demam. Kondisi sakit ini pun dialami oleh almarhumah hingga akhir bulan Mei dan awal Juni, banyak anggota keluarga almarhumah yang juga sakit.

Pada tanggal 19 Juni 2020, dr Elianna mengalami kondisi penurunan fisik yang lumayan drastis. dr. Elianna mengeluh sakit didada, sesak nafas, gangguan penciuman dan penurunan pengecapan tetapi tetapmemaksakan diriuntuk bekerja. Walaupun dengan kondisi demikian, beliau tetap bertugas melayani pasien ODP di hari berikutnya, 20 Juni 2020. Di hari yang sama, beliau juga mengantarkan ayahnya yang berstatus PDP ke RS PW Citarum. Namun sayangnya, pada hari Minggu 28 Juni 2020, sang ayah meninggal dunia.

Almarhumah dr. Elianna mengeluh sakit di dada, sesak nafas, hingga pingsan setelah proses pemakaman dan langsung melakukan pemeriksaan serta perawatan di rumah sakit Roesmani, Semarang. Di hari yang sama, dr Elianna meninggal dunia akibat tertular virus corona di RS Roemani, menurut hasil rapid test2.

Almarhumah dr. Elianna dimakamkan berdasarkan protokol COVID-19.Testing dengan metode swab dilakukan pada tanggal 30 Juni 2020 terhadap 12 anggota keluarga almarhumah. Dari hasil test tersebut, dinyatakan 8 orang positif, 4 anggota negatif dan 1 anggota wafat, yakni adik almarhum dr. Elianna, dr Sang Aji.

Terlihat dari laman Facebook milik almarhumah dr Elianna, beliau tak jarang mengkampanyekan bahaya penularan HIV/AIDS serta mengajak masyarakat untuk berhentimemberikan stigma terhadap penyintas HIV/AIDS dengan menunggah artikel mengenai isu tersebut di laman Facebooknya3.

Sumber:

1. https://www.merdeka.com/peristiwa/empat-dokter-tangani-pasien-covid-19-di-semarang-meninggal-dunia.html

2. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5088786/pilu-dokter-kakak-beradik-di-semarang-meninggal-positif-corona

3. https://www.facebook.com/elianna.widiastuti
Antonio Chaniago - Sunday, September 6, 2020
"Hi dokter eli, semoga kita bisa bertemu disyurga. Aamiin. Pertemuan terakhir aku denganmu di starbuck dengan dr hanif tidak akan terlupakan. Perjuanganmu untuk memberikan support kepada sahabat2 odhiv di kota Semarang sangat luar biasa. Selamat jalan dokterku."
Fina - Monday, September 7, 2020
"Dokter eliana, dokter yang baik, sangat berdedikasi. Semoga Allah lapangkan kuburmu, menerima amal ibadah mu dan mengampuni dosa2mu. InshaAllah husnul khotimah"
dr Hendrixus Eko S.P - Wednesday, September 9, 2020
"Orang yang ceria sekali saat pertemuan dokfung di Dinas. Selamat jalan. Semoga Tuhan menerima amal ibadahnya. Amin"
Ye2n - Tuesday, September 8, 2020
"Saya secara pribadi gak kenal...tapi belakangan sy tahu beliau adalah kakak dari teman SMU sy di Semarang (dari FB)...sedih rasanya saat membaca kabar duka ini dari keluarga beliau yg mengabarkan lewat FB. Saat sy membaca berita bahwa keluarga Alm.dr.Sang Aji (adik almh) mendapatkan santunan kematian dari pemerintah pusat (Kemenkes) sy lsg cek kok tidak ada nama dr.Eli...sy lsg DM adek beliau yg teman SMU sy dan menanyakan hal tsb, dan dari hasil ceritanya sy sangat menyayangkan kebijakan RS yg tidak mau mengeluarkan surat keterangan hasil pemeriksaan almh, pdhl itu mrpkn salah satu syarat utk bisa diajukan usulan keluarga mendapatkan santunan. Yaa, sy hanya bisa berdoa...smoga dr.Eli dan dr.Sang Aji rahimahulloh mendapatkan tempat terindah di sisi Alloh SWT, dan keluarga yg ditinggalkan sll mendapatkan penjagaan dari Alloh SWT...aamiin"
Susi sulastri - Thursday, September 10, 2020
"Saya tau dr Eli dari ibu saya. Kmren januari pas umroh bareng kata nya bu dokter sngat ramah, tiap ibu sy ngeluh sakit kaki kecapean langsung dikasi obt. Sedih pas dengar dr Eli mninggal dari group. Semoga beliau tenang disana dn mendapatkan surga Nya. Aamiin"
Dr.Hapsari Galih Setyowati SpPA - Thursday, September 10, 2020
""Hai el..miss u so much.., dr elianna teman dekat, sahabat, t4 curhat anggota geng amoy😄, sejak covid masuk indo, trus dr ely pegang ketua tim, jujur aja beberapa kali saya marahi, kenapa harus kamu, bahaya, dll.. tapi dr ely cuman senyam senyum bilang kl itu tugas..okaay baiklah tapi hati2..dan ternyata Allah berkehendak lain, sediiiihh banget kami kehilangan kamu..tambah kaget lagi kenapa ga ada namamu di daftar santunan korban covid, aneh..terlepas dari itu, kamu pahlawan el, dedikasimu buat masyarakat luarbiasa..semoga Allah membalas dengan surgaNya yang terindah..sampai jumpa lagi my best fren.."
Dian Widayani,dr - Thursday, September 10, 2020
"Hai eliii.....you are best friend.... kl nolong pasti tanpa pamrih...rameee orangnya.... Semoga kita berkumpul lagi d Jannah ya El...with grup amoy ...."
Diana Rosyada - Thursday, September 10, 2020
"Engkau tentu merasa Damai Karena peranmu telah selesai. Engkau tentu tersenyum menyambut saat pertemuan yg ditunggu. Engkau tentu bahagia dalam dekapan sang pencipta, karena sesungguhnya kehidupan dunia bukanlah satu-satunya kehidupan... Dan kematian bukanlah akhir segalanya... Setiap diri bakal dibangkitkan kembali dari kuburnya. Mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di fase kehidupan berikutnya...“Dan sesungguhnya hari kiamat itu pasti datang. Tak ada keraguan padanya. Dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang yang ada di dalam kubur” [QS. 22:7]. Selamat beristirahat, wahai sahabatku... Jejak kebaikanmu terprasasti indah di dunia ini... Sungguh Allah lebih mencintaimu dibanding kami... The A Team"
Slamet S. - Thursday, September 10, 2020
"Almarhumah dr eliana adalah istri dari sahabat saya Mas Toto Yulianto, beliau adalah sosok yang ramah dan bersahaja...tercermin saat kami singgah ke kediaman almarhumah di semarang...selamat jalan bu dokter..selamat jalan pahlawan kemanusiaan..."
dr. Danu Sandyarani - Thursday, September 10, 2020
"Hai El... lama banget kita ga ketemu ya? Kamu masih inget ga dulu kuliah sering main bareng, pulang bareng. Aku selalu ingat kamu yang selalu ceria, selalu menolong tanpa pamrih. Eli, semoga Alloh memberikan tempat terbaik. Semoga Alloh membalas semua kebaikanmu selama ini. Aamiin yaa Rabbal Alamin"
Hari - Thursday, September 10, 2020
"One of my best friend I have ever had. Almarhumah selalu bersemangat dalam menghadapi segala sesuatu. Semoga Allah SWT memberikan balasan surga disisiNya, amin YRA"
dr. Indri Yulia, SpKK - Thursday, September 10, 2020
"Dr. Elliana Widiastuti, teman yang ga pernah keliatan susah. Kalo ngeliat kamu tu kayaknya sekolah kedokteran tu sekolah yang menyenangkan. Ga ada kesulitan sama sekali. Padahal untuk lulus satu mata kuliahpun susahnya ya. Sekarang tiap denger kabar sejawat gugur lagi, selalu teringat kamu. Gone too soon. Masih banyak ilmu, tenaga yang bisa kamu dedikasikan. Dalam kondisi kayak gini justru kita paling butuh orang-orang kayak kamu yg serba ceria serba optimis. Kamu mungkin ga sadar, tapi semangat kamu itu benar-benar membekas di aku dan aku yakin membekas juga di orang-orang yang pernah mengenal kamu. Istirahat yang tenang ya dear friend, till jannah."
dr. Febri Sp.GK - Thursday, September 10, 2020
"Almarhumah dr. Eliana adalah dokter yg selalu ceria semasa hidupnya, baik, dan selalu bersedia membantu teman-teman yang membutuhkan pertolongannya. Tidak pernah sekalipun terlihat murung. Tiap kali bertemu selalu tersenyum, berbagi cerita lucu dan tawa. InshaaAllah almarhumah dr. Eliana husnul khotimah. Diberikan tempat terindah, diterima semua amal baiknya, diampuni segala khilafnya, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran... Yang tenang di sana ya, Eli 💕"
dr Novia Kartikasari - Thursday, September 10, 2020
"Dokter yg sangat humble terhadap semua orang"
@drMilanyCantik - Thursday, September 10, 2020
"Mbak Eli karakternya periang dan berteman baik dengan siapa saja. Memiliki jiwa penolong yang menjadi dasar beliau memilih profesi Dokter. Semoga husnul khotimah ya Mbak Eli tersayang.."
Dr. HANA SETIALINGSIH, MH - Thursday, September 10, 2020
"Dr Eliana saya kenal waktu saya masih sebagai dokfung di Dinkes Kota Semarang. Kebetulan kami sebagai dokter pendamping inship. Saya mengenal almarhumah sebagai Dokter yg bekerja secara totality dan benar-benar tanpa pamrih. Selalu ceria dan siap menghibur setiap ada teman yang sedang ada masalah. Almarhumah Ketua Tim COVID-19 di Puskesmas tempat dia bertugas. Saya sedih banget kehilangan kamu, karena pasti sudah tidak ada lagi kesempatan bertemu kamu dan bercanda saat ikut pelatihan, rapat atau seminar. Saya heran mengapa namamu tidak ada di daftar santunan korban COVID. Aneh. Terlepas dari itu, kamu pahlawan, El. Dedikasimu sebagai tenaga medis dan sebagai pelayan masyarakat luarbiasa. Semoga Allah membalas dengan surgaNya yang terindah... Sampai jumpa lagi, Ely."
Dr. Eka Tri Widyastuti - Thursday, September 10, 2020
"Dr. Elly teman seangkatan saya di Unissula. Dr. Sang Aji, adik beliau juga adik tingkat saya... Dr. Elly orang yang baik periang, rajin dan bertanggung jawab... Semoga semua amal ibadah, perjuangan dan pengorbanan dr. Elly dan keluarga tidak sia-sia. Diterima oleh Allah SWT serta diberikan tempat terindah disisi Nya...Aamiin..🙏🏻"
Toto Yulianto, ST., Suami Tercinta - Thursday, September 10, 2020
"Perjalanan satu minggu sebelum beliau Almarhumah dr. Elianna Widiastuti menghadap Alloh SWT. (1) Almarhumah hari Jum’at tgl 19 Juni 2020 mengeluh sakit di dada, sesak nafas, gangguan penciuman dan penurunan pengecapan tetapi memaksa untuk bekerja. (2) Sabtu pagi 20 Juni 2020 almarhumah menjalankan tugas dengan memeriksa pasien ODP. (3) Sabtu sore almarhumah kontak Ka Sub Bag TU untuk mengantarkan Orang Tua Laki laki yang sakit ke RS PW Citarum (bapak PDP). Setelah di periksa di Puskesmas Halmahera. (4) Minggu pagi 28 Juni 2020 Bapak almarhumah meninggal dunia. (5) Minggu siang almarhumah mengeluh sakit di dada, sesak nafas dan pingsan. (6) Almarhumah dilarikan ke RS Roemani untuk mendapatkan perawatan. (7) Di RS Roemani almarhumah mendapatkan perawatan dan diperiksa dengan rapid test dengan hasil terlampir. (8) Selang beberapa saat dikabarkan kalau almarhumah dinyatakan meninggal. (9) Prosesi pemulasaran jenasah dan pemakaman dilaksanakan sesuai protocol COVID-19. (10) Kami sekeluarga masih menunggu hasil swab dari Almarhum Bapak. Hari Senin tanggal 29 Juni kami keluarga besar dr. Elianna diperiksa dengan rapid test oleh tim Puskesmas Kagok. Pada malam harinya kami dapat info bahwa hasil swab almarhum Bapak dinyatakan positif. (11) Pada hari Selasa 30 Juni 2020, 12 keluarga almarhumah dr. Elianna diambil swabnya di puskesmas Kagok. (12) Hasil dari swab tersebut 8 orang positif dan wafat 1 orang lagi yaitu dr. Sangaji, adinda beliau. Sedikit kisah haru pejuang dan pahlawan kemanusiaan. Alloh senantiasa akan menempatkan umat terbaiknya disisiNya. Aamiin aamiin. "
Onny Rasta'98 - Thursday, September 10, 2020
"Selamat jalan sahabat, semoga anak anak soleh/solehah, ibadahmu, pelayananmu kepada pasien serta ilmu yang engkau berikan kepada kami menjadikan ladang amalmu yg tidak terputus... Amiiinnn..."
dr Puspita Sari - Thursday, September 10, 2020
"Almarhumah dr eliana adalah teman saya waktu kuliah. Beliau adalah teman yang baik."
Dr Lelyana Titon Asmoro - Thursday, September 10, 2020
"Insyaallah husnul khatimah dok... Pahala jihad fisabilillah..."
Fita Yahya - Thursday, September 10, 2020
"Kenal Almarhumah karena beliau adalah sahabat adek tercinta saya yang juga dokter... Dek Elly sangat sangat ramah... Sosok yang ceria... Sedih mendengar kabar beliau dipanggil yang Maha Kuasa... Semoga husnul khotimah ya dek Elly... Aamiin..."
doc_ald_sigajahbesi - Thursday, September 10, 2020
"Rekan sejawat dan seperjuangan di FK. Murah senyum dan ramah. Insya Allah surga untuk almarhumah."
Noor indah riana - Thursday, September 10, 2020
"Elly..beliau adalah teman yg supel dan baik..terakhir ketemu d rs beliau lg nganter saudaranya yg mau op dg teman seangkatan kami..tugasmu sungguh mulia elly..km kini sdh di surga..smga amalanmu d terima"
Leni Ervina - Thursday, September 10, 2020
"Asswrwb... Eli semoga dilapangkan kuburmu dan surga tempatmu, kawan. Teman kuliah di FKU dan sampai terakhir hidupnya... Semoga keluarga yang ditinggalkannya pun bisa menjadi perhatian pemerintah, karena kepergian beliau sebagai pahlawan kesehatan."
Sari Widyastuti - Thursday, September 10, 2020
"Almarhumah adalah sosok yang sangat baik, humble, rajin, dan selalu bersemangat. Duka mendalam dari kami teman-teman seangkatan. Insyaa Allah husnul khatimah... Keluarga yang dtinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan... Gonna miss u, dear. Semoga kita dipertemukan kembali di jannahNya... Aamiin"
Nuke Herawati - Thursday, September 10, 2020
""Masyaa Allah.. Bahagia di surga dr. Elly.. Engkau sungguh baik. Allah menyayangimu..""
dr Frida Laila Yahya MKM - Thursday, September 10, 2020
"Hai Jeng..... baik-baik di sana ya Dear. Insyaa Allah Jannah menantimu, syahid wafatmu, thaun jalannya... Nggak ada kenangan yang buruk tentangmu. Yang ada hanya tawa ceria dan kebaikanmu... Allahumagfirlaha warhamha waafihi wafuanha..."
dr. Puspita Sari, Sp.Rad - Thursday, September 10, 2020
"Ellyyyy miss u sooo. U’re my best friend. Gak pernah lelah dengerin curhatanku. Ga pernah bilang gak buat bantuin teman walopun malam gelap. Selalu ada buat aku. Rasanya kamu masih ketawa bersama gang amoy. Kangen celoteh kamu, El. Kangen kamu omeli, El tapi semua sudah gak mungkin. Kamu sudah tenang di sana, sobat. Semoga jannah selalu tempatmu. Kamu berjuang di gugus depan sebagai ketua tim COVID-19 tanpa kenal lelah. Moga pemerintah memberi perhatian buat kamu, El. Semoga insentif untuk jerih payah kamu terbayar. Kemarin mimpi ketemu kamu, seneng banget rasanya. Kamu tersenyum dan menyapaku. Ah ternyata itu hanya mimpi. Teman, semoga kamu ditempatkan disisiNya di tempat terindah. Amin amin YRA."
Arifin - Thursday, September 10, 2020
"Semoga almarhum dr Eli husnul khotimah. Aamin"
dr. Ferry Wardhana, Sp.KP - Thursday, September 10, 2020
"Dr Elly.. My beloved best friend.. Surga menunggumu, sahabat.. Tolong sebut nama kami di jannah Nya ya.."
Dr. Yuli Astuti - Thursday, September 10, 2020
"Dr. Elianna adalah sahabat dan teman terbaik.. Seorang pekerja keras.. Pejuang covid sejati.. We love you, Eli.. Semoga engkau bahagia di sana.. Semoga husnul khotimah.. Amin..."
dr. Retno dwi utami - Thursday, September 10, 2020
"Sahabat sejak masa kuliah. Dari dulu slalu ramah dan humoris. Dedikasinya untuk pekerjaannya sangat tinggi. Semoga selalu diberi tempat yg mulia di sisi Allah SWT"
dr. Endang Pratiwi - Thursday, September 10, 2020
"Saya adalah teman kuliah dr. Elianna dan kebetulan absen kami berurutan. Saya mengenal dr. Eli sebagai pribadi yang baik, ceria, bersahabat dan bertanggung jawab. Sedih sekali saat mendengar kabar bahwa teman saya wafat dalam masa pandemi ini. Mengingat semua kebaikannya. Pernah komunikasi saat dr. Eli tugas di Sumatra Barat beberapa tahun, dan akhirnya bisa berpindah tugas ke Semarang dan berkumpul dengan keluarga. Itu merupakan masa yang membahagiakan tentunya setelah sekian lama menjalani tugas jauh dari keluarga... Semoga Alloh menerima semua amalanmu, El... Selamat jalan, sahabat..."
Tri Farnianti - Thursday, September 10, 2020
"Elly... Salah seorang sahabat terbaik yang pernah ada. Dokter yang baik, ceria, ramah dan tidak sombong.Kangen omelan dan tawa candamu jeng.. Semoga Allah menerima semua amal baikmu, dilapangkan kuburan dan kita bisa bertemu kembali diJannahNya Allah kelak..."
dr.Purwanto Panji S. Sp.F - Thursday, September 10, 2020
"Saya mempunyai kenangan dengan almarhumah dr.elliana adalah seorang teman yg sangat ceria, suka menasehati dan senang membantu sesama kala waktu masih sama2 menjalani perkuliahan.selamat jalan sahabat....insha allah husnul khotimah...aamiin yaa robbalallaamiin"
dr Sri Umi Rahardjo,MM - Thursday, September 10, 2020
"Elly dokter yg humble baiiik banget n mengabdi benar utk lemanusiaan pernah pelatihan bareng untuk PDP baru kenal serasa sdh akrab banget n deket kaget dengarnya tapi yakin Allah kasih Elly tempat terindah dan terbaik Amin selamat jalan Elly"
dr. Moch Agus Suprijono, MKes - Thursday, September 10, 2020
"Selamat jalan pahlawan Covid 19 ku!!! Semoga Allah SWT menerima semua amal shalihnya dan mengampuni segala dosanya dan Semoga keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan ... Aamiin YRA"
dr. Moch Agus Suprijono - Thursday, September 10, 2020
"Semoga Allah SWT menerima semua amal shalihnya dan mengampuni segala dosanyadan,Semoga keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan ... Aamiin YRASelamat jalan kesurganya Allah SWT Pahlawan Covid 19 ku!!!"
Dr Windi - Thursday, September 10, 2020
"Selamat jalan sahabat, selamat jalan aktifis sejati,,,semoga Khusnul khotimah, Jannah menantimu sobat,,, semua menyenangkan tentang mu,,"
dr. Hendi Dwi Bharata, Sp.OT - Thursday, September 10, 2020
"Almarhumah adalah rekan seperjuangan di FK Unissula angk 98, sumeh, supel, baik hati dan tidak sombong.. selamat jalan Eli.. insyaa Alloh husnul khotimah"
Nasron - Thursday, September 10, 2020
"Selamat jalan Dokter Eli... Engkau Pahlawan kemanusiaan kami.. Semoga Husnul khatimah.. Aamiin"
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi