dr. Arief Basuki SpAn

dr. Arief Basuki SpAn

Dokter

Sosok dokter spesialis dan juga pejuang kemanusiaan meninggal dalam posisi tidurnya saat menjalani perawatan di RSUD Dr Soetomo Surabaya pada Selasa (30/6/2020). Sulit untuk mengetahui paparan virus COVID-19 diantara sesama dokter atau tenaga kesehatan lain, yang jelas beliau merupakan dokter anestesi yang bertugas merawat pasien COVID -19 di ruang intensive care unit (ICU).

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, diketahui dr. Arief terpapar sejak seminggu yang lalu dan saat itu juga beliau dirawat intensif menggunakan ventilator.

Pria yang menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Airlangga ini sehari-harinya berpraktik di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya, Rumah Sakit Umum Adi Husada Kapasari, Rumah Sakit Surabaya Medical Service, Rumah Sakit Ibu dan Anak Lombok Dua Dua Flores. Ia mendapat gelar spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif pada universitas yang sama.

Pribadi yang konsisten dan peduli terhadap kemanusiaan, ia buktikan lewat pengabdiannya pada aktivitas sosial baik di pedalaman negeri maupun juga ke berbagai belahan negara di dunia. Termasuk perjalanan kemanusiaan di Gaza, Palestina. Kecintaanya pada alam juga membawanya pada berbagai aksi lingkungan, dari mulai penghijauan hingga penanaman Mangrove di lepas pantai.

Kesederhanaan yang ia jalani ditampikan pada gaya hidupnya yang bersahaja dan tidak mementingkan diri sendiri, meskipun penghasilan yang bisa didapatkannya relatif besar.






dr Fajar Nazri, MMRS - Yankes BSMI Jawa Timur - Saturday, September 5, 2020
"Beliau adalah pelopor kemanusiaan di segala medan baik nasional dan internasional. Sosok yang humble dan mengayomi anak-anak muda. Pribadi yang ikhlas dan bekerja keras"
Adik Budi Waluyo - Saturday, September 5, 2020
"Sosok bersahaja yg pernah tinggal bersama orang tuanya di Tongas Probolinggo. Beliau pernah mengamanatkan utk membina pemuda di tongas dekat rumahnya utk menjadi relawan kemanusiaan. Sayang amanatnya blm tersampaikan. Smoga kami bisa merealisasikan amanatnya tersebut"
dr. Andi Sulistyo Saputrana - Saturday, September 5, 2020
"Beliau adalah guru, sahabat, motivator, dan yang pasti teladan untuk kami semua.. Pejuang bagi kemanusiaan di daerah bencana di dalam dan luar negeri kerap kali dilakukan.. Baik bencana Alam maupun peperangan.. Semoga kelak di Surga, beliau cari kami, bila tidak dapati kami bersamanya.."
Ns. Satria Handayani/ Ketua BSMI LOMBOK TIMUR - Saturday, September 5, 2020
"Saya sangat berkesan bersama beliau waktu membantu gempa Lombok. Pertemuan pertama dan terakhir. Insyaallah husnul khotimah"
dr. Sonny - Saturday, September 5, 2020
"Beliau adalah senior sekaligus guru yg tidak lupa dgn para muridnya. Membuat saya yg dari keilmuan dan dan usia jauh dibawah beliau merasa istimewa. Selalu tersenyum dan terdepan dalam keteladanan tentang makna mengabdi dan melayani masyarakat, tanpa memandang suku, agama, warna kulit dll. Dari beliau saya banyak belajar tentang pengabdian"
Sri Sunarsih,Amd Keb - Saturday, September 5, 2020
"Beliau adalah pahlawan kemanusiaan,simbul keteladanan dalam keikhlasan,motivator untuk kebaikan.selamat jalan dr Arif,semoga Allah menempatkan beliau di surgaNya"
dr. Mukri Nst, Sp.An - Saturday, September 5, 2020
"Beliau sosok pejuang yang gigih, ramah, baik. Berjuang di berbagai medan bencana dan konflik. Pertama kali kenal beliau saat penanganan korban gempa Padang Pariaman Sumatera Barat."
dr. Prita K, SpOG, Bendahara Umum BSMI - Sunday, September 6, 2020
"Teman kuliah sejak di FKUA sampai PPDS. Masih terbayang senda guraunya - karena beliau memang periang dan senang melucu- di samping serius tatkala berdakwah. Semoga almarhum kini berbahagia di sisi Allah dan keluarganya diberikan kesehatan, kekuatan dan ketegaran dlm menjalani kehidupan...."
Agus Harianto - Sunday, September 6, 2020
"Rasa kehilangan ini masih membuncah di dada Mas Arif-ku...sekilas bayangmu melintas di anjungan kapal kita. Jejakmu di seluruh sudut Rumahsakit Terapung Ksatria Airlangga masih jelas tegas tapaknya. Membawa cinta dan harapan bagi orang2 pulau... Terimakasih atas semangat yg Mas Arif sudah hadirkan... Rest in peace..."
Darwin Syah Putra - Sunday, September 6, 2020
"Saya tidak pernah bertemu langsung dengan beliau. Saya mengenal beliau sebagai pejuang kemanusiaan melalui lembaga Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI). Semoga Allah SWT mengangkat derajatnya menjadi penduduk surga-Nya selamanya. Sungguh beruntung perniagaan yang engkau lakukan Dr. Basuki."
Dr Noorma - Sunday, September 6, 2020
"Hanya sempat berinteraksi langsung dalam waktu singkat selama stase saya di RS Haji Surabaya, namun dalam pertemuan yang sebentar itu tampak bahwa dokter Arief sangat berdedikasi dalam melayani pasiennya dan menghargai teman sejawat tanpa kecuali. InsyaAllaah syahiid. Aamiin"
Dr. Wizhar Syamsuri, SpPD-KGH, Ketua BSMI Bawa Barat - Sunday, September 6, 2020
"Pertemuan pertama saya dengan Dr Arief Basuki saat sama-sama bertugas sebagai relawan di RS Lapangan BSMI sewaktu gempa Sumbar lebih 10 tahun yang lalu. Beliau pribadi yang ramah, humoris, dan terlihat keikhlasan dan kesungguhanya dalam setiap perjuangan dakwah dan kemanusiaan. Ilmu dan pengalaman beliau di medan dakwah dan kemanusian menjadi inspirasi bagi rekan2 dan yunior2nya. In syaa Alloh beliau syahid dan telah mendapatkan syurga yang dijanjikan. Aamiin yRA"
Muhammad Rudi, Sekretaris Jenderal Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) - Sunday, September 6, 2020
"“Beliau relawan yang tangguh. Beliau juga tidak memandang agama (ketika beraktivitas sosial) dan lainnya. Terjun ke daerah bencana dan konflik juga dikhususkan untuk kemanusiaan” - kenang Muhammad Rudi, Sekjen BSMI dalam suatu wawancara https://republika.co.id/berita/qcukrn396/dr-arief-basuki-pejuang-kemanusiaan-yang-gugur-karena-covid"
dr.Ely,BSMI Surabaya - Sunday, September 6, 2020
"Dr.Arif Basuki adalah seorang Guru kehidupan...Bliau mengajarkan keikhlasan dalam perjuangan, cinta kepada sesama dan pengorbanan. اِنْ شَآ ءَ اللّهُ saat ini beliau telah sampai pada tujuan mulia perjuangannya....hingga titik terakhir sebagai Dokter Pejuang Garda Terdepan.....Selamat jalan dr.Arif Basuki,Sp.An....Semoga Allah meridhoi semua amal panjenengan dan membukaan seluas-luasnya Pintu SurgaNya....Amin"
Benita (ATLM RS Umum Haji Sby) - Wednesday, September 9, 2020
"Semoga Bahagia dok..InsyaAllah Allah SWT sangat menyayangimu.Apa adanya, semangatnya,kedermawanannya.Sederhana, bersahaja, bahkan satpam.dan cleaning servis RS Haji pun kehilanganmu.Aku menjadi saksimu."
dr. Eko Nofiyanto, BSMI Malang, PPDS Anestesi UB - Thursday, September 10, 2020
"dr Arif Basuki, Sp.An adalah Inspirasi dalam perjuangan. Semoga Allah Meridhoi Amal panjenengan dokter"
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi