Prof. Dr. H. Hasan Zain, Sp.P

Prof. Dr. H. Hasan Zain, Sp.P

Dokter

Dokter umum dan spesialis paru lulusan Universitas Airlangga Surabaya ini meninggal dunia pada Rabu (15/04/2020). Dikonfirmasi oleh Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin dr. Mohammad Isa Sp.P bahwa mendiang meninggal dunia akibat penyakit paru serta terinfeksi virus SARS-COV-2. Sebelum dirujuk di RSUD Ulin Banjarmasin dan dirawat intensif selama satu minggu, dokter senior yang pernah menjabat sebagai direktur rumah sakit ini sempat dirawat di rumah secara mandiri.

dr. Hasan merupakan tokoh masyarakat setempat yang pernah menduduki jabatan ketua dalam beberapa organisasi seperti Ketua Dewan Penasehat IDI Kalimantan Selatan, Ketua ICMI Kalimantan Selatan 2000-2014, Ketua KAHMI Kalimantan Selatan.

Sebelum akhirnya jatuh sakit dan terinfeksi COVID-19, pria berusia 74 tahun ini masih berpraktik melayani pasien di RS Islam Banjarmasin dan RS Suaka Insan Banjarmasin. Selain itu ia juga menjadi Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (Uniska).

Dalam diskursus yang beredar di masyarakat setempat, nama beliau sempat diusulkan untuk dijadikan rumah sakit menggantikan RSUD Ulin Banjarmasin. Namun, ada juga yang berpendapat agar nama beliau dijadikan salah satu bangunan di RSUD Ulin dengan mengusulkan peningkatan fasilitas khusus saluran pernapasan/paru. Sumber : https://jejakrekam.com/2020/04/15/berjasa-dalam-dunia-kesehatan-nama-dr-hasan-zain-diusulkan-jadi-penamaan-rumah-sakit/

HM Rifqinizamy Karyudha - anggota Komisi 5 DPR RI - Thursday, September 3, 2020
"sosok yang egaliter, yang tidak memandang senior dan junior."
Heru Wijayanto - Banjarmasin - Saturday, September 5, 2020
"Dokter yg pernah merawat Almarhumah Ibu saya sblm meninggal 21 Mei 2019, pernah merawat Almarhum Bapak saya sblm meninggal 25 Januari 2020 dan pernah merawat sahabat saya yg meninggal beberapa tahun yang lalu. Dokter senior yg tidak banyak ngomong tapi baik dalam pengobatan"
Lenny, IDAI KalSel - Sunday, September 6, 2020
"Paman saya yàng ràmah, baik, perhatian. Baca buku untuk mempelajari ilmu kedokteran itulah pesan beliau... Buku pemberian beliau tentang Dasar-dasar Penyakit Paru masih saya simpan... Selamat Jalan Amang Zain... Semoga Allah SWT menempatkan tempat yang terbaik di Syurga Nya..."
Dr. Lely Hartati - Sunday, September 6, 2020
"Beliau dosen saya di FK Unlam, sangat baik dan perhatian dengan mahasiswa"
P. Putra - Sunday, September 6, 2020
"Innalillahi WA inna ilaihi rajiuun, selamat jalan dokterDitengah kesibukan dokter, dokter masih sempat membimbing kami dan membagi pengalaman dokter sebagai Pulmonologis kepada kami ppds Pulmonologis fk ulm. Semoga ilmu dan jasa yg dokter bagikan selalu menjadi amal jariyah utk mengantar dokter ke tempat terbaik di sisi Allah SWT"
dr. Mira F - Saturday, September 12, 2020
"Innalillaahi wa inna ilayhi raaji’uun...Kita ini milik Allah, dan kepadaNya kita kembali.. Duka cita yang mendalam bagi tenaga kesehatan yang gugur saat menjalankan tugas melawan #COVID19, termasuk dosen kami di FK Unlam. Beliau merupakan dokter yang ikhlas, profesional dan konsisten dalam menjalankan tugas profesi serta sangat baik kepada mahasiswa. Selamat Jalan Pejuang Kesehatan Indonesia.. Semoga dokter diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah dan sahid dijalanNya. aamiin.."
dr. Mira Firdayanti - Saturday, September 12, 2020
"Innalillaahi wa inna ilayhi raaji’uun...Kita ini milik Allah, dan kepadaNya kita kembali.. Duka cita yang mendalam bagi tenaga kesehatan yang gugur saat menjalankan tugas melawan"
Nurul, RSU Ulin - Saturday, September 12, 2020
"Terimakasih dok, InsyaAllah ilmu yg dokter beri kepada kami murid-muridmu akan terus mengalir sebagai amal jariah dokter... Aamiin."
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi