dr. M. Ali Arifin

dr. M. Ali Arifin

Dokter

Sebagai seorang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dr. M. Ali Arifin tidak hanya bekerja sebagai dokter yang mengobati pasien melainkan juga ikut berada dalam garis depan tugas kemanusiaan. Bersama dengan berbagai macam organisasi kemanusiaan, dr. Ali turun di lokasi-lokasi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, longsor, dan lain-lain.
Belum diketahui pasti bagaimana dr. Ali bisa terinfeksi COVID-19. Diduga ia terpapar virus corona ketika terjung langsung memberikan bantuan ke masyarakat, mengingat dirinya kerapkali mendatangi puskesmas-puskesmas di wilayah Jawa Timur khususnya Sidoarjo. Sebelum meninggal dunia, dr. Ali sempat dirawat di RSUD Dr Soetomo Surabaya untuk menjalani perawatan selama 3 minggu. Kondisinya yang memburuk, membuat nyawanya tidak tertolong hingga menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu (18/7/2020).
Kiprahnya sebagai Ketua Forum Kabupaten Sidoarjo Sehat (FKSS)-yang merupakan motra Kabupaten Sidoarjo, dirinya dikenal luas oleh masyarakat. Beliau kerap melakukan berbagai macam sosialisasi program kesehatan, mulai gerakan ODF (open defecation free / gerakan jamban sehat), taman sehat, pasar sehat, kampung sehat.
Ditulis pada laman jatim.pks.id, beliau juga memimpin Gerakan Nasional Tanggap Bencana (GENTA) Covid-19 PKS Jatim. Sejak awal pandemi, bersama pengurus lain, beliau mengkoordinasikan berbagai upaya pencegahan meluasnya wabah. Mulai dari penggalangan dana, penyemprotan desinfektan, pembagian masker dan hand sanitizer, distribusi sembako, hingga pemberian bantuan APD kepada Rumah Sakit dan Tenaga Kesehatan.
Suyoso - Saturday, September 5, 2020
"Dr Ali arifin, aktif dalam kegiatan kemanusiaan, ramah dan suka menolong. Insyaalloh husnul khotimah."
dr. Andi Sulistyo Saputrana - Saturday, September 5, 2020
"Beliau pejuang kemanusiaan di daerah bencana. Beliau seorang yg rendah hati, berkenan turun menjadi relawan bersama kami juniornya.Seorang yg sabar berjuang, telaten, dan menjadi contoh bagi kami dalam mendekatkan diri pada Allah SWT."
Ns. Satria Handayani/ ketua BSMI LOMBOK TIMUR - Saturday, September 5, 2020
"Saya sangat berkesan bersama beliau waktu membantu gempa Lombok. Pertemuan pertama dan terakhir. Insyaallah husnul khotimah"
Sri Sunarsih,Amd keb - Saturday, September 5, 2020
"Dokter Ali Arifin,aktif dalam kegiatan kemanusiaan di berbagai daerah bencana,ramah dan suka menolong,semoga Allah menempatkan beliau di surga"
dr.Mukri Nst,Sp.An - Saturday, September 5, 2020
"Beliau sosok pejuang kemanusiaan yg hebat,orangnya baik dan soleh. kami sama2 di Bulan Sabit Merah Indonesia"
Lilik Hendarwati – Sekretaris DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur - Sunday, September 6, 2020
""Orangnya sangat ringan tangan, sabar dan selalu tersenyum menghadapi segala kondisi. Beliau selalu turun ke bawah." - ujar Lilik, rekan kader sekaligus Sekretaris DPW PKS Jawa Timur dalam suatu wawancara https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200720180806-20-526825/dokter-sekaligus-pengurus-pks-jatim-meninggal-akibat-covid-19"
Purna bsmi sidoarjo - Monday, September 7, 2020
"Berbagai medan kemanusiaan telah engkau terjuni bukti cintamu kpd Indonesia dan keikhlasanmu Karena Alloh semata. Aceh, lombok, merapi jogja, Gunung Kelud Kawa Timur, Banjir Sumenep dllnya.. Kebahagiaanmu ketika engkau lihat senyun2 mereka. Semoga Alloh ridho kpdmu sebagaimana engkau telah ridho menjalani hidupmu.."
Benita - Wednesday, September 9, 2020
"Beliau, dr Ali Arifin , adalah sosok yang sederhana, humoris dan sangat mudah memberi pertolongan. Banyak yg merasa kehilangan dengan kiprah beliau di BSMI . Beliau orang baik. InsyaAllab Rahmat Allah melingkupinya."
Lia - Thursday, September 10, 2020
"Orangnya ramah, baik, dan banyak yang kehilangan. Semoga kusnul khotimah. Aamiin"
dr. St Humairah, BSMI NTB - Friday, September 11, 2020
"Saya bertemu beliau saat menjadi relawan bencana banjir bandang di Bima, NTB tahun 2016. Kami belajar tentang dedikasi, keikhlasan dan kemanusiaan dari sosok dr. Ali. Terima kasih banyak, dok. Insya Allah dokter husnul khotimah. Saya sedih sekali. Semoga korban tenaga medis segera usai dan pandemi ini segera musnah."
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi