Dr. Naek L. Tobing, SpKJ

Dr. Naek L. Tobing, SpKJ

Dokter

Nama lengkap beliau adalah Naek Lumban Tobing, lahir pada tanggal 14 Agustus 1940 di Lumban Suhi-suhi, Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dr. Naek L. Tobing, SpKJ adalah seorang pakar seksologi sekaligus psikiater.

Beliau menyelesaikan pendidikan kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) pada tahun 1966, kemudian Ia menjalani pendidikan kedokteran jiwa di Universitas Indonesia dan lulus sebagai psikiater. Setelah itu beliau mengikuti program seksologi di Minnesota, AS dan menjadi pendidik seksologi yang kompeten. Setelah kembali ke Indonesia, dr. Naek L Tobing merintis bidang seksologi yang di dekade 1980an masih tabu dibicarakan di Indonesia. Ia menikah dengan dr. Marion Aritonang dan memiliki 6 anak.

Dia kerap tampil mengisi rubrik seksologi di berbagai media nasional. Selain itu, dia sempat menulis sebuah buku berjudul Masalah dan Solusi (1994), Seks Pranikah, Seks Extramarital, dan Membangun Keharmonisan Suami-Istri.

Hingga menjelang tutup usia, beliau masih aktif membahas edukasi mengenai organ reproduksi melalui laman media sosialnya. Beberapa tahun terakhir, beliau lebih fokus mengedukasi dan menangani masalah mikropenis pada anak. Baginya, masalah itu sudah sangat mengancam. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, pada hari Senin, 6 April 2020 dalam usia 79 tahun akibat kanker lambung stadium 4 dan Covid-19.

Belum ada informasi bagaimana dan darimana dr. Naek tertular Covid-19, mengingat dia masih berpraktik di salah satu klinik kesehatan reproduksi di Jakarta Selatan. Dengan situasi penularan lokal dan banyaknya orang tanpa gejala, siapa pun bisa tertular dan menularkan.


Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Naek_L._Tobing
https://www.liputan6.com/health/read/4220971/dr-naek-l-tobing-pakar-seksologi-rumah-tangga-yang-peduli-pada-masalah-mikropenis
Dr dr Pinda Hutajulu SpOG K Fer - Saturday, September 5, 2020
"Beliau adalah dokter spesialis jiwa, sex counsellor sekaligus pendidik, sewaktu muda beliau sudah mengajar sma, mahasiswa dan terus mendidik hingga mendirikan Sekolah tinggi ekonomi Tri Bakti. Beliau seorang pekerja keras"
dr. Lina R. Mangaweang, SpKJ - Sunday, September 6, 2020
"Ketemu pertama kali tatap muka saat akan memperpanjang STRnya. Kemudian berfoto bersama... Biasanya hanya baca nama dan tulisan-tulisannya... Selamat jalan dr. Naek L. Tobing, SpKJ, seniorku..."
Santoso Lughowi - Monday, September 7, 2020
"Beliau guru kami di RS Jiwa Grogol 20 thn yll sampai sekarang masih ingat guyoanannya..semoga Bapak diberi tempat di sisiNYA aammiinn"
Yeyen - Tuesday, September 8, 2020
"Kenal beliau saat masih duduk di bangku kuliah D3 Kebidanan...saat itu kami mengundang beliau sbg pembicara dalam acara Seminar Nasional yg kami selenggarakan...padahal saat itu beliau sudah begitu terkenal dg tulisan2 beliau di rubrik majalah maupun tabloid jg mengisi acara talshow di televisi...tp beliau begitu humble dan senang berbagi ilmu, terbukti saat beliau mjd Narasumber di acara kami. Selamat jalan dokter Naek..."
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi