dr. Elida Ilyas, Sp. KRF(K)

dr. Elida Ilyas, Sp. KRF(K)

Dokter

Besar dan lahir di Jakarta, dr. Elida Ilyas, Sp. KRF(K) menempuh pendidikan kedokteran dari Universitas Trisakti di Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikan spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Dokter Elida Ilyas adalah spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medis di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan1. Sebelumnya, dr. Elida sempat bekerja di Departemen Rehabilitasi Medik RS. Cipto Mangun Kusumo (RSCM), dan sebagai dokter konsultan perusahaan di Jakarta.

Selain praktik di rumah sakit, beliau juga berperan aktif sebagai pengajar pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Indonesia. Karirnya sebagai pengajar dimulai sejak tahun 1996 dimana beliau menjadi Staf Pengajar Pendidikan Kedokteran dan Koordinator Pendidikan S1 Rehabilitas Medik. Di tahun 1997, karir dr. Elida Ilyas terus menanjak dan beliau ditetapkan sebagai Kepala Program Studi Fisioterapi pada Program Vokasi Universitas Indonesia2.

Peranan dan kontribusinya yang besar terhadap dunia medis, terutama dalam bidang rehabilitasi, membuatnya mendapatkan gelar tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia periode 2004-2010, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Minggu, 19 Juli 2020 merupakan hari dimana dr. Elida Ilyas menembuskan nafas terakhir. Beliau mengakhiri dedikasinya pada dunia medis dan kesehatan masyarakat di Indonesia, baik melalui pelatihan vokasi maupun pelayanan konsultasi yang ia berikan di rumah sakit.

Dikabarkan oleh PB IDI, dr. Halik Malik, dr. Elida Ilyas, Sp.KFR(K) meninggal pukul 05.40 WIB di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (MMC) Jakarta. Hasil tes juga menunjukan bahwa almarhum meninggal akibat COVID-193. Almarhum dr. Elida Ilyas juga diketahui masih aktif melayani pasien, namun belum dapat disimpulkan dari mana dan bagaimana dr. Elida Ilyas terpapar virus COVID-19.

dr. Halik juga mengatakan bahwa suami dr. Elida, Azmi Dardja, juga sedang diopname di rumah sakit saat sang istri dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Kuasa4.


Sumber:
1. https://www.sehatq.com/dokter/dr-elida-ilyas-spkfrk
2. https://vokasi.ui.ac.id/web/profil/dr-elida-ilyas-sp-kfrk/
3. https://m.tribunnews.com/corona/2020/07/20/idi-kembali-berduka-bertambah-dua-dokter-gugur-melawan-covid-19-sebelumnya-aktif-tangani-pasien?page=2
4. https://nasional.okezone.com/read/2020/07/19/337/2248882/2-dokter-meninggal-karena-corona-selama-dua-hari-ini
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi