drg. Yuniarto Budi Santosa

drg. Yuniarto Budi Santosa

Dokter Gigi

Dokter gigi Yuniarto Budi Santosa, MKM, atau sering disapa dokter Budi, menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bogor. Sehari-hari praktik di Baranangsiang, Bogor dan juga Rumah Sakit UMMI (RS UMMI), Bogor. Terbilang dokter gigi senior dengan pengalaman bekerja selama 20 tahun1.
Menamatkan pendidikan kedokteran gigi di Universitas Padjajaran, Bandung (1998), drg. Budi adalahanggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Selama pandemi COVID-19 berlangsung, mendiang sempat menemani Wali Kota Bogor, Bima Arya, pada 16 Maret 2020 sekembalinya dari perjalanan ke Turki dan Azerbaijan2.
Dokter gigi Budi sempat memeriksa kesehatan Wali Kota Bima Arya dan mendampinginya saat menjalani tes kesehatan sampai Bima Arya dinyatakan positif COVID-19. Hal ini menyebabkan Dokter Gigi Budi berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) karena sempat kontak erat dengan seseorang yang positif COVID-19.
Di ruang isolasi COVID-19 di RSUD Kota Bogor,drg. Budi menghembuskan napas terakhirnya dihari Jumat, 27 Maret 2020 pukul 20.00 WIB. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachin, mengkonfirmasi bahwa wafatnya diakibatkan infeksi virus COVID-193. Jenazah drg. Budi dimakamkan pada malam itu juga, sekitar pukul 23.00 sesuai dengan protokol COVID-19.
Untuk mengenang jasa drg. Budi kepada dirinya dan rakyat Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya melayat ke makam beliau dan memberi penghormatan terakhir yang setinggi-tingginya. Almarhum telah gugur akibat merawat pasien yang terpapar COVID-19 sebagai wujud kontribusi beliau dalammengendalikan pandemi COVID-19. Bima Arya juga memberikan piagam penghargaan, yakni kenaikan pangkat yang lebih tinggi.
Testimoni Wali Kota Bogor, Bima Arya, untuk almarhum drg. Budi, dikutip dari ayobogor.com:

“drg. Budi adalah sosok pekerja keras, bekerja dan melayani tanpa batas, jujur dan ikhlas dan seorang Pancasilais sejati4.”

Testimoni Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat, untuk almarhum drg. Budi, dikutip dari viva.co.id:

“Almarhum orang baik, husnul khatimah, dedikasinya tinggi, loyalitasnya luar biasa5


Sumber:

1. https://www.practo.com/en-id/bogor/doctor/drg-yuniarto-budi-santosa-dentist

2. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1269672-usai-kontak-dengan-bima-arya-dokter-di-bogor-meninggal-dunia

3. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1269672-usai-kontak-dengan-bima-arya-dokter-di-bogor-meninggal-dunia

4. https://www.ayobogor.com/read/2020/06/02/7230/wali-kota-bogor-melayat-makam-tenaga-medis-yang-meninggal-akibat-covid-19

5. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1269672-usai-kontak-dengan-bima-arya-dokter-di-bogor-meninggal-dunia
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi