Nuryanta, S.Kep,Ners, MM

Nuryanta, S.Kep,Ners, MM

Perawat

Kepala Puskesmas Ngroto, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Nuryanta, S.Kep,Ners, MM, yang meninggal dunia akibat terpapar virus korona (Covid-19) pada Rabu siang (23/9/2020) dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sukma Kencana, Kecamatan Randublatung. Padahal, mendiang baru saja mendapati amanah sebagai kepala puskesmas pada awal Januari 2020 yang lalu.

Mendiang meninggal pada Selasa malam (22/9/2020) pukul 23.30 WIB dalam perawatan di RSUD Moewardi Solo. Sebelumnya, mendiang sempat dirawat di Puskesmas Randublantung pada 17 September 2020. Karena kondisinya memburuk, mendiang dirujuk ke RSUD Cepu pada esok harinya dan di segera dibawa ke RSUD Moewardi Solo pada 19 September 2020. Selain terinfeksi COVID-19, mendiang juga memiliki penyakit penyerta berupa diabetes melitus dan hipertensi.

Saat menjalani perawatan di RSUD Cepu, mendiang sempat mengirimkan pesan terakhirnya yang berisikan kondisinya dan permintaan doa untuk kesembuhan. Namun sayang kondisinya memburuk dan nyawanya tidak tertolong. Berikut merupakan isi pesan terakhir mendiang :

"Assalamualaikum Wr Wb. Yang saya hormati Bapak Ibu semuanya, Ibu Plt Kadin, Para Kabid, Kasi dan staff DKK dan Bapak Ibu Kepala Puskesmas beserta staff. Disini perlu saya sampaikan, Saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Saya menyatakan diri sebagai suspek/ODP, saat ini sedang isolasi di RSU Cepu sampai hasil swab keluar. Kondisi saya saat ini demam tinggi, gak mau makan, badan sangat lemah. Bila masih diberi umur panjang saya mohon doanya. Dan apabila sudah waktunya mudah-mudahan diberi akhir yang Husnul Khotimah. Amin yra,"

Proses pemakaman dilaksanakan sesuai protokol COVID-19 secara tertutup oleh petugas khusus. Hadir Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si memberikan penghormatan terakhir di gerbang TMP Sukma Kencana bersama perwakilan Dinas Kesehatan dan Camat Randublatung, beserta beberapa tenaga kesehatan lainnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora, Henny Indriyanti, mengatakan Puskesmas Ngroto selama tiga hari ke depan akan disterilisasi dan disemprot disinfektan sebelum ditempati kembali. Adapun pelayanan kesehatan dialihkan ke puskesmas-puskemas terdekat, salah satunya di Puskemas Cepu. Sedangkan untuk seluruh pegawai puskemas Ngroto dan keluarga mendiang sudah dilakukan tes swab PCR. Pihak Dinas Kesehatan juga tengah melakukan tracing dari orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan mendiang.

Sumber :
https://www.blorakab.go.id/index.php/public/berita/detail/2247/dimakamkan-di-tmp-sukma-kencana-randublatung--kepala-puskesmas-ngroto-gugur-karena-covid-19

https://www.gatra.com/detail/news/491070/kebencanaan/kepala-puskesmas-di-blora-meninggal-akibat-covid-19#
Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi