Prof. dr. Dewa N. Wirawan, MPH

Prof. dr. Dewa N. Wirawan, MPH

Dokter

Tiga tahun setelah menamatkan pendidikan kedokteran, dr. Dewa N. Wirawan muda mulai meniti karirnya sebagai pengajar di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana (Udayana) pada tahun 1978. Gelar Master of Public Health yang diraih dari University of Hawaii (1979) semakin memantapkan langkahnya mengajar dan bertugas di Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat di FK Udayana.

Selain mengajar, Prof. dr. Dewa N. Wirawan, MPH (71 tahun) mengabdikan dirinya untuk menangani masalah kesehatan seksual.Beliau tokohdunia di bidang penelitian, penanggulangan dan pencegahan HIV-AIDS. Bahkan, termasuk salah satu profesional medis pertama yang merawat orang dengan HIV-AIDS sejak kemunculan pertamanya diBali pada Maret 1987.

Bersama dua koleganya: Dr. dr. Partha Muliawan, M.Sc (OM) dan Anak Agung Sagung Mas Partini, beliau mendirikan Yayasan Kerti Praja pada 1 Januari 1992 (http://kertipraja.org/). Yayasan ini berperan aktif mendidik dan membina masyarakat melalui pendekatan berbasis bukti untuk mencegah, mengobati dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan.

Diduga terpapar virus SARS-Cov-2 dari asisten rumah tangga, Prof Wirawan dan istri terkonfirmasi positif COVID-19. Beliau dirawat intensif di RSUP Sanglah selama 10 hari sebelum dipanggil oleh Yang Maha Kuasa pada hari Selasa (22/09/2020) pukul 03.00 WITA. Guru besar epidemiologi dan konsultan kesehatan yang rendah hati, tegas dan konsisten itu telah pergi, tetapi ilmu, semangat dan perjuangannya akan selalu dikenang dan dilanjutkan oleh para penerusnya. Mogi Amor in Acintya.


Sumber:
  1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200922142310-20-549420/guru-besar-universitas-udayana-dewa-wirawan-meninggal-dunia

  2. https://tribunbaliwiki.tribunnews.com/2020/09/23/kabar-duka-dosen-fk-unud-dewa-wirawan-meninggal-dikabarkan-karena-covid-19

  3. https://news.detik.com/berita/d-5183516/satu-satunya-guru-besar-epidemiologi-di-bali-meninggal-karena-covid-19

  4. http://kertipraja.org/selamat-jalan-prof-wirawan/






Kenal dengan mendiang? kirim testimoni anda semasa hidup dengan mendiang disini:

*Proses pengiriman testimoni akan menggunakan nomor hp yang terdaftar di WhatsApp untuk verifikasi